20 May 2007

jamaah yang harus diikuti ?


* afwan jika dalam tulisan menyinggung dan langsung meyebut nama ( namanya juga tulisan/ bisa diralat kok ), tapi ini benar dari ketidaktahuan dan kepahaman penulis

kemarin dikampus ketemu temen lama,udah beberapa semester baru ketahuan kalo sekampus :). akhirnya reuni kenangan lama mengalir dalam setiap obrolan. ada satu obrolan yang kini jadi pertanyaan dihati " kasihan si A mas kemarin mau nikah tapi tinggal 2 minggu di batalkan dari pihak satunya alasanya berbeda Fikrah "

"Fikrah(pemikiran) dalam Ibadah dia khan ikut LDII sedang satunya PKS".

berita seperti itu emang sering banget kudengar tapi biasanya aku acuh tak acuh, tapi karena akhir akhir ini aku sering ditemukan dengan kata Fikrah dalam ibadah jadi maundak mau aku cari n nanya sana sini juga andalan utama browsing internet hehehe.
hari ini juga ukhti bilang mau ikut pengajian yang katanya tiap hari diadakan. meski sering bolong-bolong ( kalau ini mah udah keliatan :P~).

emang u/ urusan pemikiran ini sering terjadi perdebatan panjang kayak kemarin hampir terjadi perselisihan antar temen kost( benere udah terjadi dan efeknya terasa sekarang "kaku obrolanya" ) tegang 2xnya obrolin tentang Fatwa MUI yang menyebut LDII sebagai aliran sesat pada 4 september 2006, fatwa ini yang udah dirubah pada fatwa MUI surat nomor: 03/Kep/KF-MUI/IX.2006 news : http://www.antara.co.id/arc/2007/2/22/ldii-bukan-terusan-islam-jamaah/ menyebutkan LDII telah berubah haluan dengan paradigma baru menganggap umat muslim di luar kelompok mereka sebagai kafir atau najis
juga ada tuh di millis http://www.mail-archive.com/islam-jamaah@yahoogroups.com/msg02095.html

emang benere u/ jamaah yang satu ini ditempatku tergolong ekstrim n pernah dulu warga mengucilkan n hampir mengusir warga jamaah ini, gara-garanya ada berita " ndak mau salaman n ndak mau bersosialisasi dengan warga " tahu deh kebenaran beritanya. tp mungkin juga ini terjadi ketertutupannya n menyendiri dalam jamaahnya) sekilas dari luar sih )

bagi kebanyakan yang masih awam tentang agama begitu aku tanya pendapatnya " pasti jawabnya " ndak tahulah mas aku ikut yang umum - umum aja pokoknya sholat ya sholat ajah ndak mau ikut pengajianya , heheh kalo dah gini aku jadi maklum kalo ada pemikiran islam tuh ya pada kewajiban ibadah fisik sholat puasa zakat haji.
duh jadi pertanyaan " islam yang umum tuh yang seperti apa yang ibadah fisik aja?

"Ciri jamaah adalah jamaah yang sesuai dengan aqidah, fikrah dan syariah Rasulullah SAW, diakui dan dibenarkan oleh semua ulama, jelas dan tegas kedudukannya, serta manfaat dan perannya telah disepakati oleh umat Islam"

kalo dah gitu jamaah yang mana? (jamaah muslimin dunk) lha ukuranya apaan khan kita masih awam..
wajibkah mengikuti jamaah suatu kelompok ? bai'at itu lo mas tandanya!!
Kalau pertanyaannya tentang kewajiban, maka jawabannya tidak ada dalil tertentu yang mewajibkan kita untuk menjadi bagian dari kelompok tertentu. Yang ada justru sebaliknya, kita diharapkan untuk tidak ikut bergabung dengan kelompok yang batil.

Sedangkan kelompok yang baik, hukumnya boleh diikuti hingga mencapai sunnah, kalau memang dari dalam jamaah itu ada kebaikan yang akan dilahirkan. Dan menjadi wajib bila tanpa adanya jamaah itu tidak akan ada Islam.

sejak diruntuhkannya khilafah oleh Mustafa Kemal Ataturk, bermunculan jamaah- jamah kecil. n tidak ada kewajiban bagi setiap muslim untuk berwala' (loyal) kepada jamaah kecil-kecil itu. Apalagi mengingat sebagian jamaah itu banyak yang menyimpang dari manhaj Rasulullah SAW. Namun yang tetap lurus bukan tidak sedikit.

Kalau pun kita ingin bergabung dengan salah satu dari jamaah kecil yang lurus itu, bukan berarti sebuah kewajiban mutlak. Sifatnya sunnah saja, bukan fardhu 'ain. Artinya, seandainya ada seorang muslim di abad ini dan seterusnya, meninggal tanpa ada bai'at di lehernya dengan salah satu dari jamaah itu, dia tetap seorang muslim 100%. Tidak ada kewajiban atasnya untuk bergabung dengan salah satu dari sekian ribu jamaah kecil-kecil yang ada sekarang ini.

kalau u/ indonesia n rang awam gimana? kok jadi tambah bingung mau nambah ilmu ibadah. apa mending hura hura dunia ajah lebih enak hihih ..?!!

survey 70% suara terbanyak : ikutin MUI ajah khan itu lembaga yg berwenang di indonesia :)

yang lain : kembalikan pada nurani masing 2x :)

referensi :www.eramuslim.com/ustadz/dll/7313073759-wajibkah-kita-menjadi-jamaah-suatu-kelompok.htm tapi terakhir terlihat tadi databasenya error :)